Mekanisme Permohonan Informasi

MEKANISME PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

  1. Pemohon informasi datang ke desk layanan informasi mengisi formulir permintaan informasi  dengan melampirkan foto copy KTP pemohon dan pengguna informasi, bagi lembaga   publik/ormas  dilengkapi foto copy akta pendirian, suratketerangan terdaftar di Bakesbangpol  Provinsi Jawa Timur/setempat, surat keterangan domisili lembaga publik/ormas.
  2. Maksud dan tujuan permintaan informasi harus jelas penggunaannnya
  3. Petugas memberi  tanda bukti penerimaan permintaan  informasi publik. kepada  pemohon informasi publik.
  4. Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir  permintaan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik.
  5. Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi.  Jika informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan, PPID menyampaikan alasan  sesuai dengan keterangan perundangan yang berlaku.
  6. Petugas memberikan Tanda bukti Penyerahan informasi Publik kepada pengguna informasi publik.
  7. Membukukan dan mencatat

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

  1. Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah  pemohon informasimemenuhi persyaratan yang telah ditentukan.
  2. Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh ) hari sejak diterima  permintaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ( PPID) akan menyampaikan  pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak. Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 ( tujuh) hari kerja.
  3. Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon  informasi publik dilakukan secaralangsung,  dengan  menandatangani berita acara penerimaan informasi publik.
  4. Jika permohonan informasi diterima, maka dalam surat pemberitahuan juga  dicantumkan materi informasi yang  diberikan, format informasi, apakah dalam bentuk softcopy atau  data tertulis. Apabila  dibutuhkan untuk keperluan penggandaan menjadi  tanggung jawab atau beban pemohon informasi. Bila permintaan  informasi ditolak,  maka dalam surat  pemberitahuan dicantumkan  alasan  penolakan  berdasarkan UU KIP BIAYA/TARIF

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi menyediakan informasi publik  secara gratis (tidak dipungut biaya),  sedangkanuntuk penggandaan, pemohon/pengguna informasi publik dapat  melakukan penggandaan/fotocopy  sendiri di sekitar gedung Dinas PU Prov Jatim atau biaya penggandaan  ditanggung oleh pemohon informasi.

 

Admin PPID

Administrator @PPID Pembantu Dinas Bina Marga Jatim